10 langkah peroleh tidur sehat dan berkualitas

by -56 views

Yang pertama perbaiki waktu tidur dan bangun

Jakarta (PKomplek) – Praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja menyampaikan 10 langkah mudah untuk memperoleh tidur yang sehat dan berkualitas.

“Yang pertama perbaiki waktu tidur dan bangun,” ujar dr. Andreas dalam acara peluncuran produk Antangin Good Night yang digelar virtual, Rabu.

Langkah berikutnya dengan memperbaiki waktu tidur siang. Usahakan durasi waktu tidur siang tidak lebih dari 45 menit.

Tidur sehat dan berkualitas dapat diperoleh dengan tidak merokok dan menghindari konsumsi alkohol berlebih sebelum jam tidur. Hindari pula mengonsumsi kafein, termasuk kopi, teh, soda, dan cokelat 12 jam sebelum tidur.

Baca juga: Kurang tidur menurunkan kadar hormon testosteron

Hindari pula makanan berat, pedas, dan manis empat jam sebelum tidur. Namun, kata dr. Andreas, mengonsumsi cemilan ringan sebelum tidur masih diperbolehkan.

“Keenam, olahraga teratur. Langkah ketujuh menggunakan alas tidur yang nyaman,” kata dr. Andreas.

Mengatur temperatur yang nyaman dan menjaga agar kamar memiliki sirkulasi udara yang baik juga membantu mendapatkan tidur sehat dan berkualitas.

Langkah kesembilan, kata dia, dengan mematikan cahaya dan menjauhi kebisingan yang mengganggu.

Langkah terakhir yakni menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur, bukan dijadikan sebagai ruang kerja atau ruang rekreasi.

dr. Andreas mengatakan orang yang memiliki gangguan tidur harus segera ditangani untuk menghindari dampak yang lebih buruk ke depan.

“Gangguan tidur yang tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko kelelahan mental, tidak fokus, dan munculnya penyakit lain seperti hipertensi dan penyakit jantung,” kata dia.

Baca juga: Dokter paru: Kurang tidur bisa perbesar risiko terkena COVID-19

Baca juga: Bolehkah latihan fisik jika kurang tidur?

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © PKomplek 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *